Program UNIQLO PEACE FOR ALL, Kolaborasi Save the Children, PKBI DIY, dan UNIQLO untuk Fasilitas Sanitasi Ramah Anak dan Disabilitas di Yogyakarta

Berita

Save the Children dan PKBI DIY berkolaborasi dengan Perusahaan Retail Global asal Jepang, UNIQLO untuk melakukan implementasi program PEACE FOR ALL milik UNIQLO di salah satu desa di Yogyakarta. UNIQLO meluncurkan proyek PEACE FOR ALL tahun 2022 sebagai langkah nyata untuk berkontribusi dalam menciptakan perdamaian global. Khusus di Indonesia, program ini dilakukan untuk mencegah kemiskinan, diskriminasi dan konflik di Indonesia, di mana sebagian hasil penjualan produk UNIQLO T-shirt PEACE FOR ALL dari proyek ini didonasikan kepada Save the Children Indonesia.

Dalam penerapannya di Indonesia, program UNIQLO PEACE FOR ALL berfokus pada isu perlindungan anak serta air bersih dan sanitasi di sekolah dan masyarakat. Salah satu kegiatannya adalah memperbaiki fasilitas sanitasi di sejumlah sekolah supaya lebih layak pakai, ramah anak, dan ramah disabilitas.

Sudarmi adalah guru dan kepala salah satu SLB (sekolah luar biasa) yang terlibat dalam program UNIQLO PEACE FOR ALL. Sudarmi telah mengabdikan diri sebagai pengajar sejak tahun 1989 dan pada saat itu pula dia mendirikan SLB ini. Dimulai dengan mengajar empat orang siswa di sebuah ruangan yang menempel di rumah warga, hingga menjadi dua unit bangunan sekolah di atas tanah kas desa dan tanah milik keraton (Sultan Ground).

Namun, beberapa hal memang masih menjadi masalah, termasuk soal fasilitas sanitasi. Sudarmi bercerita, beberapa anak harus pulang ke rumah jika ia hendak buang air besar. Sebagian anak yang menggunakan kursi roda harus digendong dulu oleh gurunya untuk bisa duduk di toilet sekolah.

“Di sini banyak anak-anak yang menggunakan kursi roda, tuna netra, sementara belum ada kamar mandi yang mudah diakses untuk mereka,” tutur Sudarmi.

“Program ini sangat bagus dan di luar dugaan. Kalau kami merencanakan untuk rehabilitasi, itu benar-benar harus mikir, mengumpulkan dana entah dari mana, sedikit demi sedikit. Lalu ada program ini, benar-benar tak dapat diungkapkan dengan kata-kata rasa terima kasih kami. Ini memang sangat kami butuhkan,” ungkapnya.

Lina (14), murid kelas VII di SLB ini, bercerita bahwa dulu toilet di sekolahnya gelap dan kurang bersih. Dia senang dengan perbaikan ini karena dia bisa cuci tangan dan menjaga kebersihan supaya terhindar dari kuman.

Wawan (17), murid kelas 10 di SLB yang sama, juga senang dengan adanya air bersih dan perbaikan fasilitasnya. Dia berharap kamar mandi sekolah tidak lagi berlumut dan menjadi sarang jentik-jentik nyamuk sehingga dia tidak terkena gatal-gatal.

Dalam program UNIQLO PEACE FOR ALL ini, Save the Children dan PKBI DIY melakukan beberapa kegiatan terpadu dan holistik. Tujuannya tidak hanya untuk menghentikan kekerasan di tingkat individu, tetapi juga berusaha menciptakan perubahan dalam budaya sekolah dan masyarakat yang mendukung lingkungan belajar yang aman dan inklusif. Ini termasuk ketersediaan air bersih dan fasilitas sanitasi yang inklusif, serta edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

Program ini tidak hanya berjalan di lingkungan sekolah, tetapi juga di lingkungan masyarakat sekitar sekolah. Para penduduk di desa lokasi program ini menghadapi masalah air bersih, yaitu air sumur dengan kandungan kapur tinggi, kelangkaan air tanah saat kemarau, serta akses pipa air yang kurang merata. Melalui program ini, UNIQLO bersama Save the Children dan PKBI DIY membangun fasilitas air bersih bagi masyarakat serta memastikan ada sistem yang menjamin perawatan fasilitas dalam jangka panjang.

Sudarmi sebagai kepala sekolah dan sekaligus warga desa berharap fasilitas air bersih dan sanitas ini dapat mendukung pembelajaran anak-anak.

“Harapan saya, sesudah adanya fasilitas sanitasi ini, nanti anak-anak bisa lebih nyaman, anak-anak bisa belajar lebih tenang, dan pembelajaran tiap hari lebih kondusif. Tidak ada lagi peristiwa anak-anak njerit karena ngampet ke kamar mandi. Semoga ini menjadi penunjang kemajuan sekolah kami,” pungkasnya.

Tentang UNIQLO

Tentang UNIQLO LifeWear

Busana yang berasal dari nilai Jepang yang menghargai kesederhanaan, kualitas, dan ketahanan. Didesain untuk selalu sesuai dari waktu ke waktu, LifeWear dibuat dengan keanggunan modern yang menjadi dasar gaya setiap individu. Sebuah kemeja yang sempurna yang selalu dibuat lebih sempurna. Desain paling sederhana menyembunyikan detail paling bijaksana dan modern. Bahan dan potongan dengan fit terbaik dibuat agar dapat diakses oleh semua orang dengan harga terjangkau. LifeWear adalah pakaian yang terus berinovasi, menghadirkan lebih banyak kehangatan, lebih ringan, desain yang lebih baik, dan kenyamanan yang lebih baik untuk kehidupan manusia.

Tentang UNIQLO and Fast Retailing

UNIQLO adalah merek dari Fast Retailing Co., Ltd., perusahaan induk ritel Jepang terkemuka dengan kantor yang berpusat di Tokyo, Jepang. UNIQLO merupakan merek terbesar dari delapan merek di Fast Retailing Group, seperti GU, Theory, PLST, Comptoir des Cotonniers, Princesse tam.tam, J Brand dan Helmut Lang. Dengan nilai penjualan global sekitar 2,77 Triliun yen untuk tahun fiskal 2023 terakhir pada 31 Agustus 2023 (US $18,92 miliar, dihitung dengan kurs pada akhir Agustus 2023 sebesar 1 Dollar = 146,2 Yen), Fast Retailing merupakan salah satu ritel perusahaan pakaian terbesar di dunia , dan UNIQLO adalah peritel khusus terkemuka di Jepang.

UNIQLO terus membuka toko berskala besar di beberapa kota dan lokasi terpenting di dunia, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperkuat statusnya sebagai merek global. Saat ini perusahaan memiliki total lebih dari 2.400 toko UNIQLO di seluruh dunia, termasuk Jepang, Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Jumlah keseluruhan dari merek milik Fast Retailing saat ini hampir mencapai 3.600 toko.

Dengan pernyataan perusahaan yang berkomitmen untuk mengganti pakaian, mengubah kebijaksanaan konvensional, dan mengubah dunia, Fast Retailing berdedikasi untuk menciptakan pakaian hebat dengan nilai baru dan unik untuk memperkaya kehidupan orang di mana pun. Untuk informasi lebih lanjut tentang UNIQLO dan Fast Retailing, silahkan kunjungi www.UNIQLO.com dan www.fastretailing.com.

Tentang Save the Children Indonesia

Save the Children percaya setiap anak berhak mendapatkan masa depan. Di Indonesia dan di seluruh dunia, Save the Children melakukan apapun yang harus dilakukan—setiap hari dan saat krisis—agar anak-anak mendapatkan pemenuhan hak atas hidup yang sehat, kesempatan untuk belajar, dan perlindungan. Pakar kami pergi ke tempat yang paling sulit dijangkau di mana sangat sulit untuk menjadi anak-anak. Save the Children memastikan kebutuhan unik anak-anak terpenuhi dan suara mereka didengarkan. Bersama anak-anak, keluarga dan masyarakat, serta pendukung di seluruh dunia, kami mencapai hasil berkelanjutan untuk jutaan anak.

Dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, kami adalah yang pertama dan terkemuka di dunia organisasi independen untuk pemenuhan hak anak—mengubah kehidupan dan masa depan kita bersama.

UNIQLO Indonesia PR:
Corporate PR & Sustainability
Yulia Rachmawati (yulia.rachmawati@uniqlo.co.id)
Product PR
Evy Christina Setiawan (evy.christinasetiawan@uniqlo.co.id)
Sawitri Kusumawardani (sawitri.kusumawardani@uniqlo.co.id)
South Quarter Tower C, 17th Floor
Jl. R.A. Kartini Kav. 8 Cilandak, Jakarta Selatan, 12430

Save the Children Indonesia:
Nesya Tirtayana | Media & Digital Coordinator
Email: Nesya.tirtayana@savethechildren.org
Mobile: +62 811-1051-8736
Skip to content scroll to top button