Merayakan 48 tahun Dedikasi Perjuangan Save the Children Indonesia 

Berita

Tidak terasa perjalanan Save the Children hadir di Indonesia sudah memasuki usia ke 48 tahun. Pada 1976, Save the Children Indonesia memulai misi pemenuhan hak anak-anak di Pidie, Aceh. Memasuki daerah konflik menjadi awal perjuangan Save the Children hadir di Indonesia. Pada tahun 2004, Save the Children Indonesia termasuk yang pertama turun dalam tanggap darurat tsunami Aceh. Program tanggap darurat ini berjalan lima tahun dan menjadi yang terbesar dalam sejarah kami. 

“Kita buka di Tangse, itu berat juga. Itu masa konflik waktu itu. Karena kondisi keamanan seperti itu, kadang-kadang di satu tempat oleh pemerintah setempat dibuatlah peraturan. Peraturan gak boleh keluar malam. Yang menariknya di situ justru kalau kegiatan itu dilakukan oleh Save the Children, itu boleh,” Kata Teuku Bachtiar Usman, Mantan Country Director Save the Children Indonesia. 

“Di kantor itu ada temen saya, Jafar, itu datang ke kantor. Dia bikin kayak flip chart ditulis, siapa yang selamat tolong tulis nama. Jadi, program yang awal dijalankan itu adalah Family tracing. Ingin menemukan anak-anak yang terpisah dari keluarga,” ujar Husaini, Mantan Lhokseumawe District Manager Save the Children Indonesia ketika mengenang tanggap darurat tsunami Aceh lalu. 

Berlandaskan keyakinan bahwa setiap anak layak mendapatkan masa depan yang cerah, Save the Children Indonesia tetap bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa anak-anak tidak hanya bertahan tetapi berkembang, terlepas dari situasi mereka sampai sekarang. 

Tentu perjalanan panjang selama 48 tahun tidak semata-mata dilakukan sendiri. Penting untuk mengakui besarnya dedikasi dan semangat luar biasa dari staf, relawan, mitra, donor dan seluruh elemen masyarakat yang mendukung Save the Children. Komitmen mereka yang teguh terhadap kesejahteraan anak telah membuat perbedaan yang mendalam dalam banyak kehidupan, menginspirasi harapan dan menciptakan peluang untuk masa depan yang lebih cerah. 

Melangkah ke depan, Save the Children Indonesia tetap teguh dalam misinya untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan bagi anak-anak di seluruh Indonesia. Dengan dukungan dan kolaborasi yang berkelanjutan, Save the Children akan terus memastikan bahwa setiap anak memiliki kesempatan untuk mewujudkan potensinya dan berkembang. 

Selamat Ulang Tahun, Save the Children Indonesia! Terima kasih atas dedikasi tak kenal lelah untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik bagi anak-anak. 

Teks: Justicia Estetika Maulida

Bagikan Artikel Ini

Skip to content scroll to top button