Yogyakarta, 30 November 2024. Sediakan ruang aman untuk anak berinteraksi dan berbagi cerita, UNIQLO yang didukung pelaksanaannya oleh Save the Children dan PKBI DIY mengadakan Jogja UNIQLO PEACE FOR ALL Festival sebagai bagian dari program Global UNIQLO PEACE FOR ALL untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua pihak akan pentingnya perlindungan anak dan menciptakan ruang aman bagi mereka untuk berinteraksi dan berbagi cerita.
Berdasarkan data dari Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI PPA), Indonesia mengalami kenaikan jumlah kasus kekerasan terhadap anak sebesar 2.069 kasus dari tahun 2022 hingga 2023. Di tahun 2023, Jawa Tengah tercatat sebagai provinsi dengan jumlah kasus kekerasan terbanyak ketiga, yaitu 1.255 kasus. Sementara itu, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat 533 kasus kekerasan terhadap anak, dengan rincian 265 kasus kekerasan seksual, 165 kekerasan psikis, dan 91 kekerasan fisik. Sebagian besar korban kekerasan anak berusia 13-17 tahun (316 anak) dan 6-12 tahun (204 anak).
Merespons hal tersebut, UNIQLO, perusahaan retail asal Jepang, yang didukung pelaksanaannya oleh Save the Children dan PKBI DIY melaksanakan program PEACE FOR ALL. Program ini melakukan berbagai inisiatif seperti peningkatan kapasitas untuk anak, guru, dan orang tua; penyusunan kebijakan di sekolah sebagai jaminan perlindungan anak seperti pembuatan SOP dan aktivasi satgas anti kekerasan; kampanye publik; dan pembuatan fasilitas yang aman dan inklusif.
“PEACE FOR ALL merupakan inisiatif global UNIQLO yang diluncurkan pada Juni 2022 lalu, menampilkan berbagai desain T-shirt yang dibuat secara sukarela oleh lebih dari 40 kolaborator dari seluruh dunia yang melambangkan harapan akan perdamaian. Sebagian hasil penjualan T-Shirt PEACE FOR ALL di Indonesia didonasikan kepada Save the Children Indonesia untuk pemenuhan hak anak dalam penanggulangan kemiskinan, diskriminasi, kekerasan dan konflik, khususnya melalui Implementasi penyediaan fasilitas air bersih dan pendidikan anti kekerasan di
Yogyakarta. Program ini juga sejalan dengan nilai dan pilar keberlanjutan UNIQLO yaitu kontribusi untuk “People” dan “Society””, ujar Irma Yunita, Direktur Corporate Affairs PT Fast Fast Retailing Indonesia (UNIQLO).
“Kami percaya bahwa setiap anak berhak untuk hidup dalam lingkungan yang aman, bebas dari kekerasan, dan dapat mengakses berbagai fasilitas yang mendukung kesejahteraan mereka. Kolaborasi ini merupakan langkah penting untuk mendorong perubahan budaya di sekolah dan masyarakat agar anak-anak dapat tumbuh dengan penuh potensi dan rasa aman”, jelas Rosianto Hamid, Chief Of Partnership Strategic and Program Operation – Save the Children Indonesia.
Jogja UNIQLO PEACE FOR ALL Festival hadir sebagai sebuah strategi kebudayaan yang bertujuan untuk mengangkat isu-isu inklusi sosial, terutama bagi kelompok yang termarjinalkan, termasuk anak-anak dan remaja. Mengusung tema “Gelar Seneng-Seneng Bocah: Tuwuh Rukun Wiwit Cilik”, dengan slogan “Tuwuh Rukun Wiwit Cilik, Urip Sehat Kanthi Banyu Resik atau Tumbuh Rukun Dari Kecil, Hidup Sehat Dengan Air Bersih”, festival ini merayakan kegembiraan anak-anak dengan menanamkan nilai perdamaian sejak dini.
Festival ini akan menghadirkan kisah inspiratif tentang Dewi Hariti, seorang tokoh yang awalnya dikenal sebagai yaksa pemakan anak-anak. Namun, setelah menerima pencerahan dari Buddha, ia berubah menjadi pelindung anak-anak. Kisah ini dipilih untuk menggambarkan perubahan positif yang dapat terjadi ketika seseorang memperoleh pemahaman tentang nilai-nilai perdamaian.
Selain itu, festival ini juga akan mengadakan talkshow yang membahas topik-topik penting seputar perlindungan anak dan inklusi sosial, dan tak hanya itu, akan ada sesi edukasi mengenai anti-kekerasan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta menyelenggarakan serah terima sumur bor kepada kelurahan setempat, sebagai bentuk kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.
Jogja UNIQLO PEACE FOR ALL Festival menjadi momentum penting dalam upaya membangun kesadaran kolektif tentang perlindungan anak dan pentingnya menciptakan ruang yang aman bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang. Festival ini diharapkan dapat memberi dampak positif bagi masyarakat, dan memastikan masa depan yang lebih aman dan sehat bagi anak-anak.
Selesai.
Tentang UNIQLO LifeWear
Busana yang berasal dari nilai Jepang yang menghargai kesederhanaan, kualitas, dan ketahanan. Didesain untuk selalu sesuai dari waktu ke waktu, LifeWear dibuat dengan keanggunan modern yang menjadi dasar gaya setiap individu. Sebuah kemeja yang sempurna yang selalu dibuat lebih sempurna. Desain paling sederhana menyembunyikan detail paling bijaksana dan modern. Bahan dan potongan dengan fit terbaik dibuat agar dapat diakses oleh semua orang dengan harga terjangkau. LifeWear adalah pakaian yang terus berinovasi, menghadirkan lebih banyak kehangatan, lebih ringan, desain yang lebih baik, dan kenyamanan yang lebih baik untuk kehidupan manusia.
Tentang UNIQLO and Fast Retailing
UNIQLO adalah merek dari Fast Retailing Co., Ltd., perusahaan induk ritel Jepang terkemuka dengan kantor yang berpusat di Tokyo, Jepang. UNIQLO merupakan merek terbesar dari delapan merek di Fast Retailing Group, seperti GU, Theory, PLST, Comptoir des Cotonniers, Princesse tam.tam, J Brand dan Helmut Lang. Dengan nilai penjualan global sekitar 2,77 Triliun yen untuk tahun fiskal 2023 terakhir pada 31 Agustus 2023 (US $18,92 miliar, dihitung dengan kurs pada akhir Agustus 2023 sebesar 1 Dollar = 146,2 Yen), Fast Retailing merupakan salah satu ritel perusahaan pakaian terbesar di dunia , dan UNIQLO adalah peritel khusus terkemuka di Jepang.
UNIQLO terus membuka toko berskala besar di beberapa kota dan lokasi terpenting di dunia, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memperkuat statusnya sebagai merek global. Saat ini perusahaan memiliki total lebih dari 2.400 toko UNIQLO di seluruh dunia, termasuk Jepang, Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Jumlah keseluruhan dari merek milik Fast Retailing saat ini hampir mencapai 3.600 toko.
Dengan pernyataan perusahaan yang berkomitmen untuk mengganti pakaian, mengubah kebijaksanaan konvensional, dan mengubah dunia, Fast Retailing berdedikasi untuk menciptakan pakaian hebat dengan nilai baru dan unik untuk memperkaya kehidupan orang di mana pun. Untuk informasi lebih lanjut tentang UNIQLO dan Fast Retailing, silahkan kunjungi www.UNIQLO.com dan www.fastretailing.com.
Tentang Save the Children Indonesia
Save the Children percaya setiap anak berhak mendapatkan masa depan. Di Indonesia dan di seluruh dunia, Save the Children melakukan apapun yang harus dilakukan—setiap hari dan saat krisis—agar anak-anak mendapatkan pemenuhan hak atas hidup yang sehat, kesempatan untuk belajar, dan perlindungan. Pakar kami pergi ke tempat yang paling sulit dijangkau di mana sangat sulit untuk menjadi anak-anak. Save the Children memastikan kebutuhan unik anak-anak terpenuhi dan suara mereka didengarkan. Bersama anak-anak, keluarga dan masyarakat, serta pendukung di seluruh dunia, kami mencapai hasil berkelanjutan untuk jutaan anak. Dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, kami adalah yang pertama dan terkemuka di dunia organisasi independen untuk pemenuhan hak anak—mengubah kehidupan dan masa depan kita bersama.