INDDICA dan Save the Children Indonesia Bekerja Sama Memperkuat Layanan Perlindungan Anak di Timor-Leste

Berita

Save the Children Indonesia sebagai lembaga independen berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemenuhan hak anak-anak di Indonesia dan seluruh dunia. Salah satu upayanya adalah melalui kerja sama strategis dengan The Institute for Child Rights Defenders (INDDICA) untuk memperkuat layanan perlindungan anak di Republik Demokratik Timor-Leste

Program ini berlangsung selama tiga tahun dan telah berjalan sejak tahun 2024. Beberapa kegiatan di antaranya adalah peningkatan kapasitas dalam upaya pencegahan, penanganan kasus, dan reformasi hukum terkait perlindungan anak, serta penyediaan modul dan skema pelatihan.

Save the Children Indonesia, melalui Unit Bisnis CERDAS, akan menyediakan enam materi, yaitu Manajemen Kasus dalam Perlindungan Anak, Child Safeguarding Policy, Community-based on Child Protection, Advokasi Kebijakan, Pengasuhan Positif, dan Supervisi dalam Perlindungan Anak yang mendukung upaya pencegahan, penanganan kasus, dan reformasi hukum di Timor-Leste.

Pelaksanaan program ini akan menggunakan pendekatan Learning Cycle setiap tahun melalui serangkaian kegiatan terencana.

INDDICA merupakan lembaga mandiri setingkat lembaga negara di Timor-Leste yang bertugas melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan, dan mediasi serta perlindungan terhadap hak anak. Lembaga ini berkomitmen memberikan dukungan pendanaan selama tiga tahun untuk program kerja sama ini.

Sebagai lembaga perlindungan hak anak yang didirikan oleh Pemerintah Republik Demokratik Timor-Leste, INDDICA memiliki visi dan misi untuk menjamin dan melindungi anak-anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia.

Dalam mewujudkan visi dan misi perlindungan anak, INDDICA memiliki tanggung jawab untuk memantau situasi ancaman terhadap kebebasan dan jaminan anak-anak, mengadvokasi kebijakan politik untuk hak-hak anak, serta melakukan kerja sama dengan berbagai mitra, termasuk lembaga swasta, publik, dan internasional.

Tim perwakilan Save the Children Indonesia dan INDDICA berfoto bersama usai tanda tangan kerja sama program peningkatan kapasitas penyedia layanan perlindungan anak di Timor-Leste.
Tim perwakilan Save the Children Indonesia dan INDDICA berfoto bersama usai tanda tangan kerja sama program peningkatan kapasitas penyedia layanan perlindungan anak di Timor-Leste.

Kolaborasi ini juga sejalan dengan National Action Plan for Children sebagai pedoman dalam memantau implementasi hak asasi anak oleh pemerintah Republik Demokratik Timor-Leste. Selain itu, INDDICA juga aktif berkolaborasi dengan lembaga-lembaga lain yang memiliki visi dan misi serupa, seperti UNICEF, Komisi Perlindungan Anak Indonesia, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Republik Indonesia.

Save the Children Indonesia berharap kerja sama dengan INDDICA ini memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan anak-anak di Timor-Leste.

Teks: Nesya Tirtayana
Foto: Justicia Maulida / Save the Children
Skip to content scroll to top button