Wujudkan Pelatihan Bagi Pemuda dengan Disabilitas
Rp 330.000

1% Terkumpul Dari 100.000.000

MENGUBAH KETERBATASAN MENJADI PELUANG TANPA BATAS DENGAN PELATIHAN KERJA BAGI DISABILITAS

Nini* mengalami mental retardasi sejak kecil. Keadaan tersebut menyebabkan penurunan fungsi intelektual yang menyeluruh secara bermakna dan secara langsung menyebabkan gangguan adaptasi sosial, dan bermanifestasi selama masa perkembangan. Namun kondisi ini tidak menyurutkan langkah Nini dan Ibunya untuk berjuang dan tetap bertahan di tengah keterbatasan yang dihadapi. Ibu Nini beranggapan bahwa dirinya harus memberikan bekal kepada Nini, sehingga suatu hari nanti jika Nini harus hidup sendiri, Nini sudah bisa mandiri.

Pelatihan Kerja Pemuda Disabilitas

Berdasarkan data Susenas pada 2018, ada 14,2 persen penduduk Indonesia yang menyandang disabilitas atau 30,38 juta jiwa. Berbagai tantangan dihadapi oleh pemuda dengan disabilitas, tak hanya saat memasuki usia dewasa atau remaja. Dimulai dari usia anak, berbagai stigma dapat hadir baik di lingkungannya. Belum lagi tak semua penyandang disabilitas hadir dari keluarga dengan kecukupan ekonomi untuk memungkinkan mereka meraih pendidikan setidaknya hingga bangku Sekolah Menengah Akhir (SMA) dan melakukan terapi untuk melatih indra dan kemandirian.

Pelatihan Kerja Pemuda Disabilitas Foto 2

Sejak Nini masih kecil, Ibunya mencoba beberapa pelatihan keterampilan, namun progres yang dihasilkan kecil. Sampai akhirnya Ibunya memperkenalkan nini pada telur asin. Ibu Idah mengajarkan nini cara memegang telur asin mentah hingga mengolahnya menjadi telur asin siap kirim, untuk mengasah motorik nini dan melemaskan syaraf serta jari-jarinya. Awalnya banyak sekali telur asin yang terbuang karena pecah, namun hal tersebut tidak membuat Ibu Idah menyerah untuk mengajarkan nini membuat telur asin. Setiap harinya Ibu Idah rutin mengajak Nini untuk membuat telur asin agar mudah mengingat langkah-langkah yang dilakukan.

Pelatihan Kerja Pemuda Disabilitas

Sejak tahun 2012 Nini telah menjadi penerima manfaat Save the Children Indonesia, melalui dukungan pelatihan, terapi dan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan kepercayaan dirinya serta membantu dirinya mendapatkan ruang untuk mengembangkan diri.

Selain Nini masih ada ratusan pemuda disabilitas lainnya yang membutuhkan bantuan pelatihan.

Sahabat, yuk wujudkan pelatihan bagi pemuda disabilitas dengan klik “Donasi Sekarang”

Lihat Selengkapnya  
Pilih Jumlah Donasi

Ini adalah laman web yang aman. Kami tidak menyimpan informasi kartu kredit donor dan tunduk pada kebijakan privasi Save the Children. Seluruh donasi yang terkumpul akan digunakan sepenuhnya untuk seluruh program pemenuhan hak anak yang ada di Save the Children.

*) Angka ini adalah ilustrasi donasi
DUKUNG PROGRAM LAINNYA