Bantu Buku Braille & Terapi Anak Disabilitas
Rp 3.020.000

4% Terkumpul Dari 100.000.000

BANTUAN TERAPI KUNJUNG UNTUK NIA DAN ANAK DENGAN DISABILITAS

Nia* (16 tahun) selalu menyambut orang-orang yang ditemuinya dengan penuh keceriaan. Meski penyandang disabilitas, tak membuat keramahan dan semangat Nia hilang di tengah orang-orang terkasih. Sejak lahir Nia telah menyandang tuna netra.

Selama pandemi Covid-19 Nia tidak lagi bersekolah. Hari-hari Nia dihabiskan di dalam rumah dan tidak mendapatkan terapi dan stimulasi yang dibutuhkan untuk kondisi netranya. Ketiadaan sarana dan kegiatan rehabilitasi dan terapi membuat kondisi Nia menurun seperti berkurangnya kemampuan bergerak dan kemampuan membaca huruf Braille yang sangat vital bagi Nia bertahan hidup nantinya.

Kondisi ini sesuai dengan hasil temuan studi global Save the Children terhadap dampak COVID-19 terhadap anak dengan disabilitas, termasuk di Indonesia. Dari riset Save the Children pada akhir 2020, terdapat 59% orangtua maupun pengasuh anak dengan disabilitas yang tidak sanggup menyediakan kebutuhan rehabilitasi maupun dukungan kesehatan yang diperlukan anaknya karena dampak ekonomi dari COVID-19. Terlebih, 1 dari 3 orang tua anak dengan disabilitas mengakui bahwa anak-anaknya tidak memiliki akses terhadap bahan belajar sama sekali.

Anak disabilitas sudah sepantasnya memiliki hak dan akses untuk dapat menggali potensinya dan tetap berdaya di tengah keterbatasannya. Semuanya dapat difungsikan dengan berbagai dukungan yang dilakukan oleh lingkungan sekitarnya. Bagi anak dengan disabilitas kegiatan terapi menjadi hal yang penting untuk memfungsikan kembali apa yang menjadi milikinya.

Dampak COVID-19 terhadap keluarga anak dengan disabilitas dilaporkan lebih buruk dimana 83% orangtua dengan anak disabilitas melaporkan berkurangnya penghasilan lebih dari setengahnya sejak pandemi melanda, sehingga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dasar. Akibatnya, terapi dan rehabilitasi belum dapat dijangkau oleh semua keluarga.

Save the children hadir mendampingi para terapis, fasilitator komunitas dan keluarga sehingga layanan terapi, dukungan bahan belajar dan pendampingan bagi lebih dari 600 anak-anak dengan disabilitas di Jawa Barat, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan seperti Nia terpenuhi. Selain terapi Save the Children juga memberikan alat bantu belajar dan buku-buku bacaan braille untuk terus melatih Nia dan anak-anak sepertinya sehingga nanti bisa mandiri. Penguatan dan pendampingan bagi keluarga disabilitas tak kalah penting juga dilakukan. Dengan hadirnya berbagai stigma tentunya saling berbagi dalam menghadapi situasi sulit dapat meringankan kesulitan yang dihadapi.

Sampai saat ini, telah ada lebih dari 600 anak dengan disabilitas yang terjangkau program ini di Jawa Timur, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan. Selain itu ada lebih dari 572 keluarga yang mendapat dukungan cash transfer untuk pemenuhan kebutuhan dasar di Jawa Barat.

Lihat Selengkapnya  
Pilih Jumlah Donasi

Ini adalah laman web yang aman. Kami tidak menyimpan informasi kartu kredit donor dan tunduk pada kebijakan privasi Save the Children. Seluruh donasi yang terkumpul akan digunakan sepenuhnya untuk seluruh program pemenuhan hak anak yang ada di Save the Children.

*) Angka ini adalah ilustrasi donasi
DUKUNG Donasi Kesehatan dan Gizi Anak LAINNYA
DUKUNG PROGRAM LAINNYA