Save the Children  dan Mitra Menandatangani Tiga Kesepakatan Penting Bersama Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya

Siaran Pers

Tambolaka, 21 Mei 2024. Save the Children Indonesia, Yayasan Sumba Cendekia Bestari dan Yayasan Wahana Komunikasi Wanita bersama Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk mencegah perkawinan anak, dini, dan paksa dan serah terima jaringan air bersih melalui teknologi ramah lingkungan.

Langkah ini merupakan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak di Sumba Barat Daya. Perjanjian antara Save the Children dan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya akan mencakup berbagai program yang berfokus pada perlindungan anak, pendidikan, dan kesehatan.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama sebagai simbol untuk memastikan keberlanjutan gerakan perubahan positif yang dipelopori anak-anak terkait upaya menangani isu perkawinan anak, pernikahan dini dan paksa yang terjadi di Kabupaten Sumba Barat Daya. Kami berharap komitmen bersama yang sudah dibangun saat ini akan membuka pandangan terhadap berbagai permasalahan yang kita hadapi. Di bidang kesehatan, harapan kedepannya, melalui penerapan pola hidup bersih dan sehat dapat mengurangi prevalensi penyakit yang ditularkan melalui air secara berkelanjutan pada 320 Rumah Tangga di 2 desa di Sumba Barat Daya khususnya di desa Raba Ege dan Desa Tena Teke. Kami juga akan menyerahterimakan  jaringan air bersih dari Save the Children dan YWKW ke Pemda SBD,”  jelas David Walla, Acting Senior Program Implementation Manager Save the Children Indonesia.

Sejalan dengan inisiatif yang dilakukan oleh pihak Save the Children, Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, Bapak dr. Kornelius Kodi Mete menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Save The Children dan mitra.

Perlu kita sadari bahwa saat ini sumba barat daya masih minim pemahaman dan kesadaran atas betapa pentingnya upaya untuk mencegah perkawinan anak usia dini, karena merupakan permasalahan yang rumit dan hanya bisa diatasi dengan kolaborasi dan sinergi berbagai pihak, untuk memberikan edukasi persuasif yang terus menerus kepada masyarakat, agar masyarakat bisa sadar bahwa anak bukan aset yang menghasilkan material seperti belis tetapi merupakan aset masa depan keluarga serta bangsa dan negara yang harus terus diasah kemampuannya sehingga bisa kemajuan zaman dalam dunia digitalisasi. ”, jelas dr. Kornelius Kodi Mete, Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya.

Inisiatif Utama yang Ditandatangani:

  1. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya dan Save the Children

    Komitmen kedua belah pihak untuk mewujudkan perlindungan terhadap anak, penyelenggaraan pendidikan dan kontribusi dalam kehidupan bermasyarakat. Sejalan dengan itu, akan dilaksanakannya juga sistem perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat serta penguatan dan peningkatan kapasitas Forum Anak Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya.
  1. Penandatanganan Nota Kesepakatan untuk Pencegahan Perkawinan Anak, Dini, dan Paksa antara Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya dan Yayasan Sumba Cendekia Bestari

    Komitmen kedua belah pihak untuk mengatasi tantangan melalui peningkatan kesadaran, edukasi, dan dukungan langsung kepada anak-anak dan keluarga.
  1. Serah Terima Jaringan Air Bersih di Desa Tena Teke dan Desa Raba Ege bersama Yayasan Wahana Komunikasi Wanita

    Proyek penyediaan air bersih ini adalah bagian dari upaya untuk memastikan akses air yang aman dan berkelanjutan bagi masyarakat di Desa Tena Teke dan Desa Raba Ege, menggunakan teknologi ramah lingkungan, proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Acara ini tidak hanya menandai pencapaian kolaboratif tetapi juga membuka jalan bagi inisiatif-inisiatif lebih lanjut yang bertujuan untuk memberdayakan dan melindungi komunitas di Sumba Barat Daya.

Selesai.

Tentang Save the Children Indonesia

Save the Children percaya setiap anak berhak mendapatkan masa depan. Di Indonesia dan di seluruh dunia, Save the Children melakukan apapun yang harus dilakukan—setiap hari dan saat krisis—agar anak-anak mendapatkan pemenuhan hak atas hidup yang sehat, kesempatan untuk belajar, dan perlindungan. Pakar kami pergi ke tempat yang paling sulit dijangkau di mana sangat sulit untuk menjadi anak-anak. Save the Children memastikan kebutuhan unik anak-anak terpenuhi dan suara mereka didengarkan. Bersama anak-anak, keluarga dan masyarakat, serta pendukung di seluruh dunia, kami mencapai hasil berkelanjutan untuk jutaan anak. Dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, kami adalah yang pertama dan terkemuka di dunia organisasi independen untuk pemenuhan hak anak—mengubah kehidupan dan masa depan kita bersama.

Nesya Tirtayana | Digital & Media Coordinator
Email: Nesya.Tirtayana@savethechildren.org
Mobile: 0811-1051-8736
Skip to content scroll to top button